Langsung ke konten utama

cerita masa kecil part 1

Badan ibu itu cukup berisi. gemuk lebih tepatnya. rambutpun sudah dipenuhi uban. namun semangatnya untuk mengaji tak pernah padam. Alqur'an juz 1. Alhamdulillah, baru minggu kemarin beliau memulai iqro' 6. Itulah semangat. beliau selalu mengajarkan kepadaku untuk menjadi anak yang rajin, semangat, dan pantang menyerah. BIasa dipanggil mbah atau bu Manan.

Sudah dua hari ini aku absen tidur siang. tanpa ketahuan ibu. bisa dijewer telingaku jika melanggar. sampe panas! hehe.. entah kenapa anak kecil sepertiku selalu disuruh tidur siang. padahal susah sekali. apalagi aku mempunyai adik yang selisih setahun. selalu saja ada yang kami perbuat, seperti badminton di siang bolong, nyari ikan di sungai, mancing, jalan-jalan di sawah belakang rumah, bersepeda, bermain di rel kereta api sebelah rumah, bahkan bertengkar. tapi ternyata surhan ibu memang benar. tidur di siang hari membuat kami bisa belajar tenang di malam hari tanpa terasa lelah :)

"Dari mana kamu?", tanya ibu sambil menjewerku

"mbah manan..", kataku sambil mengiba

"ngapain kelayapan sampe sana?, udah dibilang, siang waktunya tidur", marah ibu padaku

"disuruh ngajarin ngaji..", kataku

"..."

Salahku memang, mengajarkan ngaji di siang bolong dan tidak ijin ke ibu. Padahal sudah tahu, ibu pasti marah kalau sampai tahu. dan ternyata benar. kuping merah jadi saksi. Tapi aku bangga dengan mbah manan karena semangatnya. beliau sebenarnya ingin naik haji, namun mungkin karena banyak hal, beliau tidak bisa menyanggupinya.

Beberapa bulan kemudian, beliau dikabarkan sakit. semacam stroke. ya, penyakit yang biasa di derita orang tua yang bisa mengakibatkan lumpuh serta susah bicara. namun beliau masih mengaji, dan suka menyelenggarakan pengajian di rumahnya. Sering terdengar kabar bahwa beliau minta kepada Allah supaya segera dipertemukan dengn ajal agar tidak menyusahkan keluarga lagi. tiap malam pun surat Yaasin selalu terdengar samar ketika kumelewati rumahnya.

Innalillahi wa innailaihi raji'uun

Tak lama kemudian beliau meninggal.. aq hanya bisa berdo'a, semoga beliau khusnul Khotimah. Beberapa kenangan indah ketika dengan beliau sempat terlintas.
Ibu yang baik untuk anak-anaknya.. mbah yang sabar dengan cucu-cucunya, juga istri solehah, juga tetangga yang baik, untukku pula tentunya :) selamat jalan mbah uti..

Komentar

  1. wah, cerita yang bisa memberi hikmah kepada kita semua !!

    BalasHapus
  2. alhamdulillah
    beliau mmg ibu yg hebat.. :D

    BalasHapus
  3. hahahaaaa,, kyknya masalah yang dihadapi oleh anak kecil gak jauh beda!!! ga bisa dengan tenang nurut kalo disuruh tidur siang!!! kita mengalami hal yang sama pil!!!!!

    BalasHapus
  4. Amien.. semoga khusnul Khotimah..
    jadi ingat ketika Kakek keluarga Yogya meninggal pas haji.. Semoga engkau tenang di sisiNya kakek.. amien

    BalasHapus
  5. @luki : ya! hal paling tidak menyenangkan. padahal waktu yg tepat buat bermain.. :)

    @cendh : amiien.. oh ya? subhanallah.. moga khusnul khotimah jg cend.. :)

    BalasHapus
  6. subhanallah tersentuh saya makasih ea
    ^_^

    BalasHapus
  7. @ninonurmadi.com : terimakasih sudah berkunjung.. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda, sopan, rapi, pake dasi #eh

Postingan populer dari blog ini

BNI ODP

hai hai.. sudah sebulan saya alhamdulillah ketrima di BNI 46 sebagai ODP, batch 88. Fyuhh.. tak kusangka, yang biasanya sehari-dua hari saya ketrima di tempat kerja baru, sekarang baru sebulan lebih dikit baru bisa posting blog. full man!! bener-bener time is money. ini pun karena saya lagi sakit, jadi agak ada waktu gitu deh :D

humm.. mo sedikit cerita nih, pinginnya sih mulai dari awal ketrima ODP sampai sekarang kegiatan, dll nya apa ajah, tapi semampuku yak critanya..
jadi alhamdulillah nih, tgl 10-12 maret kemaren saya diundang test di kanwil Semarang, trus alhamdulillahnya lanjut tes wawancara user dan akhirnya medcheck di Jogja saja.. kbetulan pas ketrima di DWC Jogja, jadi saya harus resign, huhu... pdhl di DWC enak bgt tuh kantornya :D thats okaay, i've got better
testnya itu yah..pertama administrasi jelas.. hanya org tertentu yang diundang, biasanya sih dari universitas negeri (mayoritas), atau swasta juga ada temen aku, namun dengan IPK yg menjulang. lalu panggilan per…

INFORMA, bikin gubuk jadi surga (Pengalaman Belanja di INFORMA)

Hai kawan
Saya ceritakan sedikit tentang kegiatan saya dan suami kalo lagi senggang ya..
Bulan Juli 2017, kami berdua iseng jalan-jalan tak terencana ke Jakarta, naik motor dari PondokGede. yang niatnya cuman ambil charger laptop di kantor suami, Gatot Subroto, lalu bengong abis itu ingin kemana.. tercetuslah tujuan awal, KOKAS!! (Kota Kasablanka)

Cuzlah naik motor kesana. dengan pantat yang udah kesemutan, kami jabani.
kami berdua memang hobi jalan. terlebih saya. semakin nyasar, semakin memicu adrenalin! haha *prinsip yg aneh --"

Sesampai disana kepikiran untuk ngisi rumah dengan barang-barang yang belum kami punya. dan ternyata setelah di list, semua belom punya. hahahhahaa.

Store pertama yang kami tuju adalaah... INFORMA!!
padahal di pikiran kami INFORMA itu mahal :( pastilah tak terbeli mengingat kocek kami pas-pasan. apalagi setelah lebaran abis buat keluarga, angpo, yang tau sendiri kaan porsi angpo buat orang-orang dan porsi kita adalah 9:1. hahaha
baiklah.. cekidot

PAS …

Ullen Sentalu, Menguak Misteri sang Putri dan Rajanya

"Bangun tidur langsung ngemil", itulah statusku malem ini. Ya! aq capek banget, siang tadi abis berkunjung ke museum yang terletak di Boyong, Kaliurang. Tak sempat makan ketiga. Perjalanan dari Kaliurang KM 5 kesana cukup lama, yakni memakan waktu sekitar 2 jam. Pertama, karena kami harus saling tunggu-menunggu teman yang ambil kamera, kedua, harus menunggu teman yang menambalkan bannya, karena dikabarkan bocor. dan mereka adalah orang yg sama ;p dan ketiga, karena harus menunggu kami, separo tim yang sedang ingin mencari durian dan akhirnya malah tertarik menonton pertunjukan tari "Dayakan". LOL!


Foto diambil dari blog orang ini

Ullen Sentalu namanya. Sama seperti judul kali ini. Museum unik yang kami kunjungi kali ini cukup tersembunyi letaknya. Aq yang sudah hampir 5 tahun berada di Jogja saja baru kali ini mengetahuinya. dengan tiket seharga Rp 15.000,- dikalikan 8 orang, kamipun masuk. Ya! selalu saja 1 orang tak bisa ikut. meraka adalah teman-teman KKN ku dulu.…