Langsung ke konten utama

Kram Perut

Pagi ini aq merasakan sakit perut yang begitu dahsyat. dahsyat sampai aq ga bisa senyum, ngomong, cuman bisa teriak-teriak selama hampir 4 jam. selama sakit aq masih bisa sms tmnku yg notabene baru aja lulus kedokteran UGM, si Dita. aku sebut gejala-gejalanya, dan akhirnya dita membantu sebisanya lewat sms juga.

BAB pun juga sudah 2 kali dan sangat tidak wajar. perut aku raba sangat kaku sekali. sampai ulu hati pun kaku. entah kenapa ini, baru kali ini aq merasa sakit perut hebat selama hidup. hoho.. hiperbola deh pil. tapi emg bener, mau beli makan saja ga kuat. akhirnya aku terus menahan sakit sambil mikir, mau sms siapa ya.. secara dikost sepi, pada pulang semua.

kemaren aku pulang kerja malem. sejak pagi terakhir makan nasi kuning, jam 6 sore baru aku isi nih perut. udara AC yg gak sehat juga kulawan, pakaian juga tipis (baru inget). aq baru pulang kantor, dari jam 8 pagi ampe jam 7 sore. lalu gak makan lagi. masih kenyang. kemarennya aku tidur hanya 4-5 jam. tidak kompeten sekali. aku tidak suka inih.. jam 8 sepulang kerja dan setelah mandi aku tidur. sampe jam setengah 2 pagi aku terbangun. ada nyamuk. aku nyalakan kipas angin kenceng, ampe ketiduran. dan paginya kurasakan sakit perut yang teramat..

aku duga sendiri sebenernya. hehe.. kalo aku kram perut. tapi aku juga pernah dapet pengetahuan dari PMR SMK dulu, inilah gejala kram perut. lalu bismillah, aku beli makan jam 11 dibantu pak kos yang interogasi dan melarangku kluar. aku bilang "ndak papa koq pak", kataku sedikit bohong dan lemes pucet.

sesampai di Inrani, Rumah Makan deket kos, aku pesen rawon dan teh panas. aku makan rawonnya 2 sendok. dan tak kuat lagi perut ini menampung. masih kaku. aku minum teh panasnya separo. keringat mengucur. ahh.. lumayan. enteng. lalu aku pulang dengan lemess bgt.

siangnya meriang, wah, gantian kepala yg terasa berat. ough... sakit sekalii.. sampe akhirnya tmn-tmn dateng menjenguk. ONO dan TYA. ngebawain KEBAB, itupun hasil salah denger waktu di telepon tadi yg aku mengatakan kepada Tia, "ti, kepalaku berat", eh, malah dibeliin kebab. hahah.. tp makasih,.. aku baikan skrg. tp masih nggak kuat berdiri. nggliyeng. alhamdulillah esoknya udah baikan :)

jadi, saya lansir dari situsnya detikhealth.com kalau kram perut banyak sekali penyebabnya. bisa saja orang tersebut telat makan atau terlalu lema berada di ruang AC, karena menstruasi, atau terjadi karena saat perut kosong tiba-tiba dimasuki makanan pedas atau asam. Kram perut terjadi karena adanya kontraksi otot, peradangan, atau salah makan. jadi, kram itu bukan suatu penyakit yagn menjangkit tapi sebuah gejala awal adanya penyakit pada tubuh. wow, ngeri juga. semoga tidak demikian pada kita.

Kram perut terparah yang udah aku alami, yaitu ketika perut terasa kaku, sampai lemas, bahkan muncul keluar dingin, bahkan seperti demam, hal itu ternyata bisa kita tangani dengan mengompres perut dengan air hangat.

kira-kira kayak gini kalo ngompres.. *foto dari metrotvnews*
Fakta parahnya lagi, kram perut bisa merupakan gejala dari timbulnya penyakit seperti lambung, maag, masalah pada kantung empedu, bahkan hernia, atau organ lain. ih waw, ga mau..

Nah, untuk menghindari penyakit-penyakit lain yang mungkin timbul, sebaiknya kita biasakan makan serta istirahat cukup dengan pola teratur dan jangan meremehkan. itu saja. Badan kan buat masa tua kita juga. notabene tiap apa yang kita lakuin di masa muda terasanya nanti kalau sudah tua kan.. :)

Komentar

  1. mo dapet ,,, ehm,,,

    BalasHapus
  2. wah enek dita, tia, ono,, kurang ak pil ra mboksebut...
    wkwkwkw,,, hahaha...

    BalasHapus
  3. haha,, lha dirimu selalu menghilang ngunu pha.. susah ngajak metu dirimyu..^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda, sopan, rapi, pake dasi #eh

Postingan populer dari blog ini

BNI ODP

hai hai.. sudah sebulan saya alhamdulillah ketrima di BNI 46 sebagai ODP, batch 88. Fyuhh.. tak kusangka, yang biasanya sehari-dua hari saya ketrima di tempat kerja baru, sekarang baru sebulan lebih dikit baru bisa posting blog. full man!! bener-bener time is money. ini pun karena saya lagi sakit, jadi agak ada waktu gitu deh :D

humm.. mo sedikit cerita nih, pinginnya sih mulai dari awal ketrima ODP sampai sekarang kegiatan, dll nya apa ajah, tapi semampuku yak critanya..
jadi alhamdulillah nih, tgl 10-12 maret kemaren saya diundang test di kanwil Semarang, trus alhamdulillahnya lanjut tes wawancara user dan akhirnya medcheck di Jogja saja.. kbetulan pas ketrima di DWC Jogja, jadi saya harus resign, huhu... pdhl di DWC enak bgt tuh kantornya :D thats okaay, i've got better
testnya itu yah..pertama administrasi jelas.. hanya org tertentu yang diundang, biasanya sih dari universitas negeri (mayoritas), atau swasta juga ada temen aku, namun dengan IPK yg menjulang. lalu panggilan per…

INFORMA, bikin gubuk jadi surga (Pengalaman Belanja di INFORMA)

Hai kawan
Saya ceritakan sedikit tentang kegiatan saya dan suami kalo lagi senggang ya..
Bulan Juli 2017, kami berdua iseng jalan-jalan tak terencana ke Jakarta, naik motor dari PondokGede. yang niatnya cuman ambil charger laptop di kantor suami, Gatot Subroto, lalu bengong abis itu ingin kemana.. tercetuslah tujuan awal, KOKAS!! (Kota Kasablanka)

Cuzlah naik motor kesana. dengan pantat yang udah kesemutan, kami jabani.
kami berdua memang hobi jalan. terlebih saya. semakin nyasar, semakin memicu adrenalin! haha *prinsip yg aneh --"

Sesampai disana kepikiran untuk ngisi rumah dengan barang-barang yang belum kami punya. dan ternyata setelah di list, semua belom punya. hahahhahaa.

Store pertama yang kami tuju adalaah... INFORMA!!
padahal di pikiran kami INFORMA itu mahal :( pastilah tak terbeli mengingat kocek kami pas-pasan. apalagi setelah lebaran abis buat keluarga, angpo, yang tau sendiri kaan porsi angpo buat orang-orang dan porsi kita adalah 9:1. hahaha
baiklah.. cekidot

PAS …

Ullen Sentalu, Menguak Misteri sang Putri dan Rajanya

"Bangun tidur langsung ngemil", itulah statusku malem ini. Ya! aq capek banget, siang tadi abis berkunjung ke museum yang terletak di Boyong, Kaliurang. Tak sempat makan ketiga. Perjalanan dari Kaliurang KM 5 kesana cukup lama, yakni memakan waktu sekitar 2 jam. Pertama, karena kami harus saling tunggu-menunggu teman yang ambil kamera, kedua, harus menunggu teman yang menambalkan bannya, karena dikabarkan bocor. dan mereka adalah orang yg sama ;p dan ketiga, karena harus menunggu kami, separo tim yang sedang ingin mencari durian dan akhirnya malah tertarik menonton pertunjukan tari "Dayakan". LOL!


Foto diambil dari blog orang ini

Ullen Sentalu namanya. Sama seperti judul kali ini. Museum unik yang kami kunjungi kali ini cukup tersembunyi letaknya. Aq yang sudah hampir 5 tahun berada di Jogja saja baru kali ini mengetahuinya. dengan tiket seharga Rp 15.000,- dikalikan 8 orang, kamipun masuk. Ya! selalu saja 1 orang tak bisa ikut. meraka adalah teman-teman KKN ku dulu.…