Langsung ke konten utama

Kram Perut

Pagi ini aq merasakan sakit perut yang begitu dahsyat. dahsyat sampai aq ga bisa senyum, ngomong, cuman bisa teriak-teriak selama hampir 4 jam. selama sakit aq masih bisa sms tmnku yg notabene baru aja lulus kedokteran UGM, si Dita. aku sebut gejala-gejalanya, dan akhirnya dita membantu sebisanya lewat sms juga.

BAB pun juga sudah 2 kali dan sangat tidak wajar. perut aku raba sangat kaku sekali. sampai ulu hati pun kaku. entah kenapa ini, baru kali ini aq merasa sakit perut hebat selama hidup. hoho.. hiperbola deh pil. tapi emg bener, mau beli makan saja ga kuat. akhirnya aku terus menahan sakit sambil mikir, mau sms siapa ya.. secara dikost sepi, pada pulang semua.

kemaren aku pulang kerja malem. sejak pagi terakhir makan nasi kuning, jam 6 sore baru aku isi nih perut. udara AC yg gak sehat juga kulawan, pakaian juga tipis (baru inget). aq baru pulang kantor, dari jam 8 pagi ampe jam 7 sore. lalu gak makan lagi. masih kenyang. kemarennya aku tidur hanya 4-5 jam. tidak kompeten sekali. aku tidak suka inih.. jam 8 sepulang kerja dan setelah mandi aku tidur. sampe jam setengah 2 pagi aku terbangun. ada nyamuk. aku nyalakan kipas angin kenceng, ampe ketiduran. dan paginya kurasakan sakit perut yang teramat..

aku duga sendiri sebenernya. hehe.. kalo aku kram perut. tapi aku juga pernah dapet pengetahuan dari PMR SMK dulu, inilah gejala kram perut. lalu bismillah, aku beli makan jam 11 dibantu pak kos yang interogasi dan melarangku kluar. aku bilang "ndak papa koq pak", kataku sedikit bohong dan lemes pucet.

sesampai di Inrani, Rumah Makan deket kos, aku pesen rawon dan teh panas. aku makan rawonnya 2 sendok. dan tak kuat lagi perut ini menampung. masih kaku. aku minum teh panasnya separo. keringat mengucur. ahh.. lumayan. enteng. lalu aku pulang dengan lemess bgt.

siangnya meriang, wah, gantian kepala yg terasa berat. ough... sakit sekalii.. sampe akhirnya tmn-tmn dateng menjenguk. ONO dan TYA. ngebawain KEBAB, itupun hasil salah denger waktu di telepon tadi yg aku mengatakan kepada Tia, "ti, kepalaku berat", eh, malah dibeliin kebab. hahah.. tp makasih,.. aku baikan skrg. tp masih nggak kuat berdiri. nggliyeng. alhamdulillah esoknya udah baikan :)

jadi, saya lansir dari situsnya detikhealth.com kalau kram perut banyak sekali penyebabnya. bisa saja orang tersebut telat makan atau terlalu lema berada di ruang AC, karena menstruasi, atau terjadi karena saat perut kosong tiba-tiba dimasuki makanan pedas atau asam. Kram perut terjadi karena adanya kontraksi otot, peradangan, atau salah makan. jadi, kram itu bukan suatu penyakit yagn menjangkit tapi sebuah gejala awal adanya penyakit pada tubuh. wow, ngeri juga. semoga tidak demikian pada kita.

Kram perut terparah yang udah aku alami, yaitu ketika perut terasa kaku, sampai lemas, bahkan muncul keluar dingin, bahkan seperti demam, hal itu ternyata bisa kita tangani dengan mengompres perut dengan air hangat.

kira-kira kayak gini kalo ngompres.. *foto dari metrotvnews*
Fakta parahnya lagi, kram perut bisa merupakan gejala dari timbulnya penyakit seperti lambung, maag, masalah pada kantung empedu, bahkan hernia, atau organ lain. ih waw, ga mau..

Nah, untuk menghindari penyakit-penyakit lain yang mungkin timbul, sebaiknya kita biasakan makan serta istirahat cukup dengan pola teratur dan jangan meremehkan. itu saja. Badan kan buat masa tua kita juga. notabene tiap apa yang kita lakuin di masa muda terasanya nanti kalau sudah tua kan.. :)

Komentar

  1. mo dapet ,,, ehm,,,

    BalasHapus
  2. wah enek dita, tia, ono,, kurang ak pil ra mboksebut...
    wkwkwkw,,, hahaha...

    BalasHapus
  3. haha,, lha dirimu selalu menghilang ngunu pha.. susah ngajak metu dirimyu..^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda, sopan, rapi, pake dasi #eh

Postingan populer dari blog ini

SunMor

yup , pagi2 udah bangun nich.. wudlu, salat, ngglebak bentar mksudnya :D jam setengah tujuh saya udah mandi lohhh.. Jarang2 deh.duingiine poll. tapi seger. Trus ngejemur handuk, de lele di jemuran lantai atas. Enak bgt nih, gerakin badan tuk wak gak pat sambil caring, kalo org jatim bilang, ato dede, kalo daerahku blg. itu tuh..nyari pitamin D buat kulit yang dikasih pak matahari. Secara kantorQ tertutup yah ruangannya, gak sempet jg caring kaya gituh, otomatis kulit jadi putih dehh (loh, putih koq g suka). iya..kalo putih pucat sapa yg mau hayohh.. wah, mulai skrg Depia mikir deh, gmn cara nyari pitamin gratis tiap hari. Kudu bangun lebih pagi dunk kalo mo ke kantor. trus ke lantai atas, menyapa pak matahari. pak matahari dipagi hari emg bikin prasaan jd hangat dehh. Depi siap2, trus neriakin Endang bambang deh, yg ada dikamar biar cepet gantinya. Karena kita mo jalan2..yuhuui. ke UGM lagi. kampus masa depan.qeqeqe.. depi ma End mampir dulu ke pasar, bli kremesan ayam. tak ada ayam, k

BNI ODP

hai hai.. sudah sebulan saya alhamdulillah ketrima di BNI 46 sebagai ODP, batch 88. Fyuhh.. tak kusangka, yang biasanya sehari-dua hari saya ketrima di tempat kerja baru, sekarang baru sebulan lebih dikit baru bisa posting blog. full man!! bener-bener time is money. ini pun karena saya lagi sakit, jadi agak ada waktu gitu deh :D humm.. mo sedikit cerita nih, pinginnya sih mulai dari awal ketrima ODP sampai sekarang kegiatan, dll nya apa ajah, tapi semampuku yak critanya.. jadi alhamdulillah nih, tgl 10-12 maret kemaren saya diundang test di kanwil Semarang, trus alhamdulillahnya lanjut tes wawancara user dan akhirnya medcheck di Jogja saja.. kbetulan pas ketrima di DWC Jogja, jadi saya harus resign, huhu... pdhl di DWC enak bgt tuh kantornya :D thats okaay, i've got better testnya itu yah..pertama administrasi jelas.. hanya org tertentu yang diundang, biasanya sih dari universitas negeri (mayoritas), atau swasta juga ada temen aku, namun dengan IPK yg menjulang. lalu panggilan

attending Bancakan 2.0

Pagi ini,, huaah.. pinginya sih update kejadian semalem. jadi, semalem aku mimpi.. mimpi buruk sekali.. *dung cak gendangdut* hee,, becanda. Mksudnya semalem aku attending party gt, bernama Bancakan 2.0 yang merupakan acara bertajuk Jogja startup & developers community malem tadi mendatangkan 4 pembicara kelas wahid yang udah sekelas seminar internasional menurutku acaranya. heheh.. yah, sebut saja : Kristupa Saragih , yap. beliau adalah pemilik portal fotografi terbesar, fotografer.net ato biasa disebut FN yang juga org yang jago moto *tentunya, hehe. semalem beliau menjelaskan tips-tips foto yg bagus, gimana sebuah komunitas berkembang, dst. Robin Syihab , mas ini menjelaskan ttg NoSQL. tidak terlalu mendengarkan, hehe.. tp aku yakin banyak yg tertarik Leontinus AE , pemilik tokopedia satu ini bilang kalau mulanya dia sempat merugi Rp 2 milyar! wow. yak,  tempat jual beli online tersebut, sekarang sih tak ada iklannya yang biasa mengganggu sepenglihatanku. portal yang m