Langsung ke konten utama

Kegemaran orang kantor

siang ini rekan-rekan kantor saia barengan ndengerin rekaman seru. yup, rekaman detik detik terakhir adam air.
menurut pengamatan pendengaran pak asro, yak, saya crita dulu tentang pak Asro. beliau adalah salah seorang rekan kantor saya yang pandai sekali. sudah bapak-bapak, bukan seperti saia, yang masih muda ini (sigh), dan pak asro adalah seorang yang sangat menggemari hal-hal yang berbau aircraft, dan kawan-kawan. profil bisa dilihat disini.

nah, rekan sekantor saya banyak sekali ini yang mendengarkan. lha wong di speaker. kira-kira ada 10-an oranglah. ada yg wajahnya biasa aja, seriuus (dengan pekerjaannya sendiri tentunya alias g dengerin), ada jg yang dag dig dug (termasuk aq), ada jg yang smapai jerit dan pingsan (bah, bo'ong kali aku).

rekaman berdurasi 5 menit 38 detik. cukup lama juga bukan? nah ya, pertama-tama emg terdengar biasa. belum ada sesuatu yang akan terjadi terlihat. pilot maupun co-pilot juga masih sedikit bercanda. tapi menjelang 2 menit terakhir, terdengar beberapa masalah mulai muncul. jadi gini kata pak Asro... simak yah

pesawat seperti Adam air itu, apa-apanya sudah diatur secara otomatis. terbangnya, meluncurnya, beloknya, dll. sang pilot hanya memasukkan perintah dengan mencet tombol2 gitu. nah ya, dari sini kita mau membicarakan yang namanya auto pilot. singkatan dari automatic pilot, atau mesin khusus yang diprogram untuk mengendalikan pesawat. jadi auto pilot ini mengendalikan, misal pesawat miring sedikit saja, sudah dinetralkan tegak lagi pesawatnya (bukan berdiri, tapi seperti posisi sewajarnya lohh.. gawat donk kalo tgak gitu.klklkl). jadi, seperti saya dengar di rekaman juga, auto pilot mengatur kemiringan pesawat, dll. nah, pada saat berjalan biasa di udara, pesawat sudah miring sedikit. dan tugas auto-pilotlah yang mengatur agar kemiringan masih berada dibatas yang wajar. kalau bisa tegak lagi. nah, si kapten pilot pada saat itu mengatur hal lain. bukan masalah kemiringan. pada saat pesawat kemiringannya sudah sekitar 60 derajat (batas maksimal kemiringan sekitar 45 derajat), auto pilot mati. tentu saja manual juga mati. si pilot baru nyadar kalo kemiringan sudah diluar wajar. panik deh. teriak - teriak. "flat! flat! flat!", seperti itu kiranya. maksudnya, pesawat kondisikan lurus, karnea sudah terlalu miring. susah, terdengar lagi " Allahu akbar ..", sampe berkali-kali. dan yang aku dengar, astaghfirullah terakhirnya. dan tentu saja yang buat heboh, pada saat teriak-teriak takbir, seperti ada suara angin besar, bisa kita praktekkan kalau lagi rekam suara dibelakangnya kita nyalakan kipas angin, wos woshh.. like that. begituuu mengganggu. setelah istighfar pak pilotnya, berhenti dehh mp3-nya. hening. Innalillahi wa inna ilaihi raji'un... koq bisa ya, tiba-tiba meledak? itu pertanyaan yang masih dicari-cari.

seperti itu kiranya cerita pak asro. akan saia revisi sewaktu-waktu jika ini belum benar. oh ya, untuk mencari mp3nya, rekan kerja saya (mas x-san) dapet dari kaskus. search di mbah google aja yaaa..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BNI ODP

hai hai.. sudah sebulan saya alhamdulillah ketrima di BNI 46 sebagai ODP, batch 88. Fyuhh.. tak kusangka, yang biasanya sehari-dua hari saya ketrima di tempat kerja baru, sekarang baru sebulan lebih dikit baru bisa posting blog. full man!! bener-bener time is money. ini pun karena saya lagi sakit, jadi agak ada waktu gitu deh :D

humm.. mo sedikit cerita nih, pinginnya sih mulai dari awal ketrima ODP sampai sekarang kegiatan, dll nya apa ajah, tapi semampuku yak critanya..
jadi alhamdulillah nih, tgl 10-12 maret kemaren saya diundang test di kanwil Semarang, trus alhamdulillahnya lanjut tes wawancara user dan akhirnya medcheck di Jogja saja.. kbetulan pas ketrima di DWC Jogja, jadi saya harus resign, huhu... pdhl di DWC enak bgt tuh kantornya :D thats okaay, i've got better
testnya itu yah..pertama administrasi jelas.. hanya org tertentu yang diundang, biasanya sih dari universitas negeri (mayoritas), atau swasta juga ada temen aku, namun dengan IPK yg menjulang. lalu panggilan per…

INFORMA, bikin gubuk jadi surga (Pengalaman Belanja di INFORMA)

Hai kawan
Saya ceritakan sedikit tentang kegiatan saya dan suami kalo lagi senggang ya..
Bulan Juli 2017, kami berdua iseng jalan-jalan tak terencana ke Jakarta, naik motor dari PondokGede. yang niatnya cuman ambil charger laptop di kantor suami, Gatot Subroto, lalu bengong abis itu ingin kemana.. tercetuslah tujuan awal, KOKAS!! (Kota Kasablanka)

Cuzlah naik motor kesana. dengan pantat yang udah kesemutan, kami jabani.
kami berdua memang hobi jalan. terlebih saya. semakin nyasar, semakin memicu adrenalin! haha *prinsip yg aneh --"

Sesampai disana kepikiran untuk ngisi rumah dengan barang-barang yang belum kami punya. dan ternyata setelah di list, semua belom punya. hahahhahaa.

Store pertama yang kami tuju adalaah... INFORMA!!
padahal di pikiran kami INFORMA itu mahal :( pastilah tak terbeli mengingat kocek kami pas-pasan. apalagi setelah lebaran abis buat keluarga, angpo, yang tau sendiri kaan porsi angpo buat orang-orang dan porsi kita adalah 9:1. hahaha
baiklah.. cekidot

PAS …

Ullen Sentalu, Menguak Misteri sang Putri dan Rajanya

"Bangun tidur langsung ngemil", itulah statusku malem ini. Ya! aq capek banget, siang tadi abis berkunjung ke museum yang terletak di Boyong, Kaliurang. Tak sempat makan ketiga. Perjalanan dari Kaliurang KM 5 kesana cukup lama, yakni memakan waktu sekitar 2 jam. Pertama, karena kami harus saling tunggu-menunggu teman yang ambil kamera, kedua, harus menunggu teman yang menambalkan bannya, karena dikabarkan bocor. dan mereka adalah orang yg sama ;p dan ketiga, karena harus menunggu kami, separo tim yang sedang ingin mencari durian dan akhirnya malah tertarik menonton pertunjukan tari "Dayakan". LOL!


Foto diambil dari blog orang ini

Ullen Sentalu namanya. Sama seperti judul kali ini. Museum unik yang kami kunjungi kali ini cukup tersembunyi letaknya. Aq yang sudah hampir 5 tahun berada di Jogja saja baru kali ini mengetahuinya. dengan tiket seharga Rp 15.000,- dikalikan 8 orang, kamipun masuk. Ya! selalu saja 1 orang tak bisa ikut. meraka adalah teman-teman KKN ku dulu.…